Sampai akhir 2014 lalu saya kemana-mana naik Bebek. Nggak pernah minat ganti matic. Tapi karena Bebek yang saya naikin udah genap 10 tahun suami kepikir ganti matic.
Namanya dibeliin ya nerima aja. Walau jujurnya nggak tahu gimana cara pakainya.
Awal saya masih kegok pake rem tangan, kedua tombol sent, ketiga kunci motor yang beda, dan terakhir lampu depan yang ternyata ga bisa dimatiin.
Yang terakhir paling gawat, jadi waktu pertama pake dan lihat lampunya nyala. Saya tanya orang gimana cara matiinya. Tuh orang jawabnya "mba, motor saya aja Bebek. Ga mungkin tau cara make matic"
Hiks, gue banget jawabannya. Secara gue juga bekas pengguna bebek.
Balik ke bebek vs matic. Bebek saya supra fit 2005 dan matic saya beat pop 2015
Kelebihan & kekurangan bebek :
- kudu main gigi
1 ama 2 buat tanyakan. Gigi 3 & 4 buat ngebut atau jalan datar.
- gasnya kudu ditarik dalem kalo tanjakan
-lampu besar bisa di on / off untuk menghemat energi
- kalo dikemudikan remaja, lebih aman. Karena kalo nge-gas dalem ga langsung kenceng kaya matik ( lambat atau cepetnya bergantung pada perpaduan tarikan starter + gigi)
- rem semua di sebelah kanan (Rem tangan dan rem kaki ) jadi ga kegok ganti tangan saat ngerem.
- kurangnya body berat, nggak ada pijakan kaki buat berdiri dan ruang untuk bagasi
Sekarang review matic
- body bagus dan ringan
- ruang bagasi luas.
- tanpa perpindahan gigi untuk mengatur kecepatannya.
- pada jalan apapun pengemudi tinggal memainkan gas (ini membahayakan kalau penggunanya remaja, bisa kehilangan kontrol)
- matic menuntut pengemudinya bermain ditangan. Jadi kalau yang biasa bawa bebek, bakal pegal kaya saya tangannya
- jeleknya, lampu besar nggak bisa dimatiin. (bikin pemanasan global)
-rem kanan untuk rem depan, jadi saya yang biasa ngerem belakang pakai kaki (kalau naik bebek) suka kegok
- diluar itu, so far motor baru lebih hemat bensin dari motor lama yang pembakarannya udah aus
Namanya dibeliin ya nerima aja. Walau jujurnya nggak tahu gimana cara pakainya.
Awal saya masih kegok pake rem tangan, kedua tombol sent, ketiga kunci motor yang beda, dan terakhir lampu depan yang ternyata ga bisa dimatiin.
Yang terakhir paling gawat, jadi waktu pertama pake dan lihat lampunya nyala. Saya tanya orang gimana cara matiinya. Tuh orang jawabnya "mba, motor saya aja Bebek. Ga mungkin tau cara make matic"
Hiks, gue banget jawabannya. Secara gue juga bekas pengguna bebek.
Balik ke bebek vs matic. Bebek saya supra fit 2005 dan matic saya beat pop 2015
Kelebihan & kekurangan bebek :
- kudu main gigi
1 ama 2 buat tanyakan. Gigi 3 & 4 buat ngebut atau jalan datar.
- gasnya kudu ditarik dalem kalo tanjakan
-lampu besar bisa di on / off untuk menghemat energi
- kalo dikemudikan remaja, lebih aman. Karena kalo nge-gas dalem ga langsung kenceng kaya matik ( lambat atau cepetnya bergantung pada perpaduan tarikan starter + gigi)
- rem semua di sebelah kanan (Rem tangan dan rem kaki ) jadi ga kegok ganti tangan saat ngerem.
- kurangnya body berat, nggak ada pijakan kaki buat berdiri dan ruang untuk bagasi
Sekarang review matic
- body bagus dan ringan
- ruang bagasi luas.
- tanpa perpindahan gigi untuk mengatur kecepatannya.
- pada jalan apapun pengemudi tinggal memainkan gas (ini membahayakan kalau penggunanya remaja, bisa kehilangan kontrol)
- matic menuntut pengemudinya bermain ditangan. Jadi kalau yang biasa bawa bebek, bakal pegal kaya saya tangannya
- jeleknya, lampu besar nggak bisa dimatiin. (bikin pemanasan global)
-rem kanan untuk rem depan, jadi saya yang biasa ngerem belakang pakai kaki (kalau naik bebek) suka kegok
- diluar itu, so far motor baru lebih hemat bensin dari motor lama yang pembakarannya udah aus
lampu besar bikin pemanasan global? gak segitu juga mba :) nice and honest blog though
BalasHapusPemakaian lampu besar yang terus menerus akan mempercepat umur tuh lampu. Akibatnya penumpukan sampah non organic yang butuh jutaan tahun untuk hancur
Hapusaku tambahin lagi
BalasHapuskalo motor matic susah buat naik tanjakan terus boros bensin juga
beda kalo motor bebek pake gigi 1 langsung naik tanjakan lancar jaya + lebih irit bensin karena kecepatan dan kekuatan bisa di atur